CARA SETTING PUSDIK-Buku Induk Digital

SETTING AWAL PUSDIK BUKU INDUK SISWA

 

Sebelum digunakan, PUSDIK harus dikonfigurasi terlebih dahulu, Mulai penambahan unit/jenjang yang sudah terdaftar, pembuatan akun operator jenjang, menghubungkan ke google (drive), konfigurasi Peta, menentukan Folder di Drive, setting menu bagi operator. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa PUSDIK mempunya 3 Akses Login, Mulai Admin Pusat, Operator Jenjang, dan Siswa.

pusdik
Dashboard Admin Pusat

Konfigurasi awal bagi Admin Pusat :

  1. Login ke Admin Pusat menggunakan Akun Admin dengan mengakses url login pusat.
  2. Menu Profile Instansi untuk setting (Yayasan jika sebuah Yayasan).
  3. Menu Daftar Unit, Silahkan menambahkan Daftar unit/jenjang yang sudah terdaftar, dengan klik tombol (+) sebelah atas kanan. Jenjang terdapat pilihan mulai PAUD sampai MA/SMA, hanya bisa input nama jenjang yang terdaftar di PUSDIK saja.
PUSDIK
Tambah Unit Jenjang

 

  1. Menu User Auth, Untuk menambahkan akun operator jenjang yang sudah ditambahkan. Bisa menambahkan lebih dari satu akun tiap 1 jenjang, misal jenjang MTS/SMP dibuatkan akun operator lebih dari 1.
    Nama: Nama Tetap, nama yang tidak bisa diubah ubah oleh operator jenjang, dimaksdukan nama tetap ini akan terekam saat menambahkan data, maka nama tetap ini yg akan terekam pada detail data yang ditambahkan di beberapa bagian fitur, contohnya: upload berkas siswa.Nama Profile: bisa diubah ubah oleh operator yang bersangkutan.Username : isikan format email, contoh: akun@anz.comPassword: angka, huruf atau karakter lainnya.
pusdik
Buat Akun Operator Jenjang

 

  1. Google Auth, jika belum dihubungkan, silahkan dihubungkan ke akun google anda yang akan digunakan untuk menyimpan berkas/file siswa.Note: Jika sudah terhubung Pastikan sudah ada informasi alamat Email, nama dan gambar profile. Jika tidak muncul kemungkinan hostingnya fitur allow_url_fopen dan allow_url_include masih OFF dihostingnya. Silahkan ON kan atau hubungi penyedia hosting untuk ON kan pada subdomain yang digunakan untuk PUSDIK.
    pusdik
    Terhubung ke Google

     

    Jika status terhubung maka ada tombol Setting ID Folder Drive: Silahkan klik dan masukan ID Folder yang sudah dibuat di Google Drive sesuai akun yang dihubungkan.

     

    Untuk mendapatkan ID Folder: masuk di google Dive, buat folder yang diinginkan, di PUSDIK ada 9 Folder yang harus dibuat dengan masin2 ID Folder yang harus dimasukkan. Jika ingin lebih rapi sesuai jenis file, maka buatlah 9 Folder dengan nama yang sesuai atau jika hanya ingin ngumpul dalam satu folder maka cukup 1 ID Folder dimasukkan di 9 kolom di PUSDIK.

    Letak ID Folder yang saya blok di alamat url atas pada gambar ini, dimulai setelah garis miring.

    pusdik
    Letak ID Folder

    Copy dan patekan pada tiap tiap kolom ID Folder di PUSDIK

    pusdik
    Copas ID Folder

 

  1. Masih di Menu Google Auth,
    Ada 3 kolom lainnya,

    1. Ukuran file Upload Operator, digunakan untuk membatasi maksimal ukuran file yang diupload oleh Operator Jenjang. (Penting harus disesuaikan dengan kemampuan hosting, karena pada hosting kebanyakan ada batas maksimal size file yang diupload), perlu uga setting pada PHPINI di hostingnya untuk optimasi mksimal upload size. Jangan sampai settingan di PUSDIK ini melebihi batas maksimal hostingnya.
    2. API MAPS, ada dua jenis Maps yang digunakan untuk fitur Geolokasi Siswa/Guru pada PUSDIK ini, yaitu Google Map dan Leaflet.
      • Jika punya API Google maps yang berbayar silahkan tambahkan di kolomGoogle Maps API, jika tidak ada maka dikosongi saja, maka akan mengambil API default.
      • Leaflet API, karena ini ada fitur gratis, jika ingin menggunakan Leaflet maka silahkan buat TOKEN sendiri dengan cara kunjungi https://account.mapbox.com/ jika belum punya akun, daftar dahulu.
  1. Terakhir, menu OPERATOR, silahkan setting fitur – fitur menu untuk operator sesuai jenjang yang ada.
pusdik
Pengaturan Menu Akses pada Operator Jenjang

 

Buka:  PUSDIK - APLIKASI BUKU INDUK SISWA BERBASIS WEB

Konfigurasi awal bagi Operator Jenjang :

  1. Silahkan login dengan akun operator yang sudah dibuat tadi,
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah langsung menuju pengaturan menu Halaman Siswa agar me-generate pengaturan, silahkan membuat pengaturan yang dibutuhkan, pengaturan ini berfungsi membuka/menutup fitur bagi Siswa.
  3. Kemudian silahkan melengkapi data Lembaga di Menu Lembaga
  4. Untuk menginput Kordinat secara Otomats, silahkan klik CARI KORDINAT, jika menginput manual (kordinat siswa/guru) jangan terbalik antara Latitude dan Longitude
  5. Silahkan Mengimport/Input Siswa dan Guru, Perlu diperhatikan jika Import Excel, perhatikan Petunjuk pada Template Excel di tiap Kolom nya.

Hubungi : WA / Telegram

Buka:  SiFU (Save File/Upload) Aplikasi Manajemen Dokumen Digital

 

3 Replies to “CARA SETTING PUSDIK-Buku Induk Digital”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.